DH Para Mahasiswa,
Berikut adalah Learning Objectives dari MK TK-TPL (Mobile Programming):
-
Mahasiswa dapat melakukan platform perangkat bergerak, dan bagaimana melakukan pemrograman di atas platform tersebut. Pemrograman dilakukan dengan bahasa pemrograman Java & Native Android. Pemrograman dengan Framework NativeScript akan menjadi materi suplemen (optional).
-
Mahasiswa dapat mempraktekkan pengembangan aplikasi untuk perangkat bergerak menggunakan perangkat keras masing-masing mahasiswa (atau emulator)
-
Mahasiswa dapat mengetahui dan mempraktekkan pengembangan aplikasi & mendistribusikan aplikasi pada platform pendistribusian aplikasi (cth: Google Play)
Prasyarat dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi lainnya
-
Algoritma dan struktur data
-
Pemrograman berorientasi objek menggunakan Java
-
Pemrograman Web
-
Jaringan komputer
Hasil pembelajaran dalam hal pengetahuan:
-
Siswa memiliki pengetahuan tentang evolusi platform operasi seluler modern dan sistem operasi dan pengetahuan mereka di bidang bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi seluler
-
Siswa memiliki pengetahuan yang luas tentang sintaks bahasa Java, yang berguna untuk menyelesaikan tugas-tugas pemrograman sederhana pada platform mobile
-
Siswa memiliki pengetahuan yang luas tentang framework pemrograman untuk perangkat mobile, serta dapat melakukan pengembangan di atas framework tersebut.
-
Siswa mengetahui dasar-dasar pembuatan dan penerapan aplikasi seluler yang menggunakan antarmuka pengguna grafis, penanganan peristiwa, penyimpanan data persisten, pemrosesan media, dan komunikasi melalui antarmuka komunikasi yang tersedia di perangkat seluler.
-
Siswa dapat menentukan spesifikasi program yang kompleks dan sesuai dengan spesifikasi yang diberikan - membuat program untuk perangkat seluler menggunakan teknik pemrograman yang tepat
-
Siswa dapat merencanakan solusi untuk masalah pemrograman, melakukan simulasi operasi menggunakan emulator perangkat seluler dan perangkat seluler fisik, dan dapat menarik kesimpulan dari hasil yang diperoleh
-
Siswa dapat menemukan perangkat lunak, dokumentasi teknis, dan informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas pengembangan yang terkait dengan platform seluler Dalam hal kompetensi sosial
-
Siswa memahami perlunya peningkatan keterampilannya secara terus-menerus karena lingkungan perangkat seluler yang berubah dengan cepat.
-
Siswa memahami kebutuhan untuk integrasi berkelanjutan / pembangunan berkelanjutan (CI / CD) dari aplikasi mobile-nya karena perubahan busainess requirement yang cepat berubah terhadap suatu aplikasi perangkat mobile.
Materi perkuliahan:
-
Pengantar platform Android: mesin virtual, alat pengembangan, paket Java, emulator, layanan
-
Struktur dan siklus hidup aplikasi untuk sistem Android
-
Antarmuka Pengguna Grafis: menyiapkan wadah dan komponen, pengelolaan tata letak komponen, penanganan acara
-
Pengolahan sumber daya aplikasi, penyedia konten, sistem file
-
Persistent Data: backup, akses basis data
-
Keamanan dan izin aplikasi: arsitektur keamanan, penandatanganan aplikasi, identifikasi pengguna, akses file, deklarasi, dan verifikasi izin
-
Komunikasi jaringan dan aplikasi internet
-
Pemrograman dengan Framework NativeScript
-
Koneksi Wireless
-
Pemrosesan grafis Multimedia, 2D dan 3D
-
Lokasi geografis: penggunaan data GPS
-
Komunikasi Bluetooth: dasar-dasar, perizinan, penemuan perangkat Bluetooth, konektivitas perangkat sebagai klien, pembuatan server, manajemen koneksi
-
Penyebaran aplikasi: lokalisasi aplikasi, penandatanganan aplikasi, manajemen versi, lisensi, mempersiapkan distribusi
Bentuk kelas - laboratorium (Lab)
-
Pengantar platform Android. Pengantar alat yang digunakan di lab. Buat aplikasi sederhana
-
Mengembangkan aplikasi dengan Graphical User Interface
-
Aplikasi untuk pemrosesan sumber daya
-
Mengembangkan aplikasi untuk pemrosesan grafik 2D
-
Mengembangkan aplikasi menggunakan koneksi jaringan
-
Mengembangkan aplikasi untuk persistensi data
-
Mengembangkan aplikasi untuk pemrosesan multimedia
-
Mengembangkan aplikasi dengan Framework NativeScript
-
Presentasi proyek kecil mahasiswa
-
Mengembangkan aplikasi per-individu
-
Presentasi hasil proyek